Cara Membuat Data Source Excel Dengan Microsoft Query
Data Source Excel Dengan Microsoft Query
Microsoft Query adalah salah satu fasilitas yang di berikan Excel untuk pengguna nya dalam mempermudah pengolahan, pencarian, ataupun penyaringan data dengan cepat. Dalam Microsoft query kita juga dapat menggunakan relasi antar tabel agar penyaringan yang lebih specifik dapat kita gunakan. Setelah kita membuat data Query maka data tersebut dapat kita gunakan kapan saja berdasarkan kategori yang kita inginkan.Untuk lebih jelasnya.....langsung saja kita praktekan. Langkah - langkah nya adalah :
1. Buka file Excel kamu yang akan di jadikan dasar data untuk pembuatan Query Untuk penjelasan gambarnya saya coba gunakan table saya yang sudah ada di dalam harddisk komputer saya.
2. Setelah file excel terbuka, klik pada toolbars Data perhatikan seperti yang ditunjuk tanda panah no 1 oleh gambar di bawah ini, kemudian klik form other data source seperti yang ditunjuk oleh tanda panah no 2. Penjelasan di langkah ini maksudnya adalah kita akan memasukan data ke dalam worksheet baru menggunakan data source yang lain.
3. Setelah langkah ke dua di lakukan maka akan muncul menu seperti gambar di bawah ini lalu klik pada area microsoft query ( yang di tunjuk oleh tanda panah )
3. Selanjutnya setelah langkah kedua kita lakukan maka akan muncul menu microsoft query, dan di sini kita di suruh menentukan data source yang akan kita gunakan. Karena data yang akan kita jadikan referensi data source nya adalah file berformat excel maka kita pilih di bawah kolom database Excel Files.
Tunggu beberapa saat hingga muncul seperti gambar di bawah ini yang menunjukan excel sedang menghubungkan ke data source
4. Pada langkah ini selanjutnya kamu di minta untuk menentukan lokasi file berformat excel yang nanti nya akan kamu jadikan sebagai database untuk data query kamu.5. Tentukan kolom yang akan di munculkan dalam query
6. Di sini kamu di minta menentukan data yang akan di filter, jika semua data akan kamu masukan maka klik next
7. Lalu di langkah ini kamu di minta untuk pengurutan data berdasarkan kategori apa. lalu klik next.
8. Di langkah ini akan muncul pertanyaan apakah kamu akan langsung memasukan data query nya ke dalam file excel atau perlu meng edit lagi di tampilan view query. Klik Save Query jika kamu ingin menyimpan data query ini agar nanti dapat kamu panggil kembali saat kamu membutuhkan data berdasarkan kategory query yang telah kamu simpan.9. Pada gambar di bawah ini adalah tampak tampilan data yang telah kita buat tadi dalam tampilan view edit query. Di tampilan ini kamu dapat menghilangkan atau menambah kolom sesuai kategori yang ingin kamu ambil untuk di tampilkan pada pivot table serta kamu dapat juga membuat relasi antar tabel.
10. Simpan query yang telah kamu buat ke dalam lokasi di mana kamu biasa menyimpan data - data dan berikan nama yang mudah untuk di ingat agar suatu saat ingin kamu panggil lagi query tersebut kamu dapat langsung mudah mencarinya.
Penjelasan di atas adalah langkah - langkah untuk kita membuat data source dalam microsoft query, setelah langkah - langkah tersebut selesai maka otomatis data query tersebut dapat kita gunakan kapan pun kita membutuhkannya.
Untuk melengkapi artikel ini lihat juga video tutorial nya
BERITA LENGKAP DI HALAMAN BERIKUTNYA
Halaman Berikutnya
0 Response to "Cara Membuat Data Source Excel Dengan Microsoft Query"
Posting Komentar