Mengatur Validasi Data Excel Dengan Pesan Input
Setelah Anda mendefinisikan aturan validasi untuk data dalam sel, Excel memungkinkan Anda untuk dengan mudah menentukan pesan yang akan muncul setiap kali sel yang dipilih. Pesan ini disebut pesan masukan, dan tujuan mereka adalah untuk membantu pengguna memahami informasi apa yang mereka harus masukan dalam sel. Untuk memasukkan pesan validasi input data, ikuti langkah berikut:
- Pilih sel yang Anda ingin mendefinisikan pesan.
- Pilih opsi Validasi dari menu Data. Excel menampilkan kotak dialog Validasi Data.
- Set aturan validasi data yang diinginkan.
- Klik pada tab input pesan. (Lihat Gambar 1.)
gambar.1 Masukan Pesan tab kotak dialog Validasi Data. |
- Masukkan pesan di lapangan baik di kotak dialog, seperti yang diinginkan.
- Klik pada tombol OK.
Perhatikan bahwa Excel memungkinkan Anda untuk menentukan baik judul dan tubuh untuk pesan validasi data Anda. Satu-satunya perbedaan antara keduanya adalah bahwa judul muncul pada baris sendiri dan ditampilkan dalam jenis huruf tebal. Anda dapat menentukan pesan yang Anda inginkan. Ketika nanti pilih sel, pesan validasi data muncul dalam kotak pesan mereka sendiri di dekat sel yang dipilih.
Tip ini berlaku untuk Microsoft Excel 97, 2000, 2002, dan 2003.
BERITA LENGKAP DI HALAMAN BERIKUTNYA
Halaman Berikutnya
0 Response to "Mengatur Validasi Data Excel Dengan Pesan Input"
Posting Komentar