Cara Grouping Baris dan Kolom di Excel
![grouping baris excel grouing kolom excel](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiIBZcxtthW2Cf7WDxQyMCurjjK_jS4IZAd0tbHz09HF4tyfC1Qv3GMmSkM0Mi50P9LBmIipVv7HxWkGjYg9CwTDXfS8XeCemQNRwhQE2V8HbE0-pcdxXChfOnF33DZCkdpPJ86nhf3wu0/s1600/GROUPING.png)
Untuk melakukan grouping, caranya cukup mudah.
Pertama : seleksi kolom atau baris yang akan dilakukan grouping
Kedua : Lakukan salah satu cara berikut. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk melakukan grouping. Silahkan dipilih yang sesuai
Cara-1 : Jika menggunakan excel 2003, maka grouping dapat dilakukan melalui menu data, kemudian klik Group and Outline, dan klik Group. Proses sebaliknya dapat dilakukan dengan klik Ungroup
Cara-2: Jika anda menggunakan excel 2007 ke atas, maka groping dapat dilakukan melalui tab Data dan kemudian tekan Group. Proses sebaliknya dapat dilakukan dengan klik ungroup
Cara-3: Cara yang saya sarankan adalah menggukan shortcut pada keyboard. Cara ini merupakan yang paling mudah dan berlaku untuk semua versi excel. Adapun shortcutnya adalah sebagai berikut:
- ALT + SHIFT + RIGHT : Untuk grouping kolom atau baris
- ALT + SHIFT + LEFT : Proses sebaliknya Untuk menghilangkan grouping kolom atau baris
Keterangan : RIGHT merupakan tanda panah ke kanan, dan LEFT adalah tanda panan ke kiri.
Demikian tips sangat super singkat ini. Semoga bermanfaat.
Salam
Artikel terkait:
BERITA LENGKAP DI HALAMAN BERIKUTNYA
Halaman Berikutnya
0 Response to "Cara Grouping Baris dan Kolom di Excel"
Posting Komentar